Friday, December 5, 2008

NASI JINGGO

Kalau mau makan yg pueeeedeeeessss banget, cobain deh makan NASI JINGGO. Nasi ini mungkin kayak nasi kucing di Jawa. Seperti di gambar, nasi jinggo dibungkus pake daun pisang. Isinya ada nasi, mie, ayam suir, tempe goreng, telur rebus 1/4, sambal ulek (wajib). Porsinya seh kecil kecuali porsi sambelnya yg buanyak and puedes buanget. Nasi jinggo identik dengan pedes emang, kalo ga pedes, bukan jinggo namanya.

Nasi Jinggo dulu th 1990-1998 hanya ada di sekitar Jl. Gajahmada Denpasar (areal Pasar Badung) dan hanya diperuntukan bagi para sopir2 yg sedang mengantar pedagang ke pasar. Maklum, adanya baru jam 11 malam ampe jam 1 pagi doank. Jualannya diemperan toko, dengan memakai meja kecil dan keranjang tempat menaruh nasinya. Si penjual tidak menjual makanan lain selain nasi jinggo dan telor 1/2 matang saja. Harganya saat itu masih, IDR 500.-/bungkus. Porsinya kecil, jadi makannya ga cukup sebungkus, minimal 2 bungkus.

Sekarang nasi jinggo banyak diperjualbelikan dimana2, sepanjang jalan raya. Efek bom Bali I th 2002 yg menyebabkan banyaknya pegawai hotel di PHK, menjadikan bisnis nasi jinggo merambah sampai ke desa-desa. Mereka yg kena PHK berubah profesi jadi penjual nasi jinggo utk bertahan hidup. Nasi jinggo boom th 2003-2004. Kita bisa nemuin nasi ini dari pagi ampe subuh. Padahal nasi jinggo itu identik dgn begadang. Seiring dgn meningkatnya harga kebutuhan pokok, nasi jinggo dijual bervariasi dari IDR 1.500.- sampai IDR 2.000.- /bungkusnya. Kalau lagi maen ke Bali, anda bisa coba di sekitar Pasar Tradisional Kuta sekitar jam 9 malam udah ada yg jual, atau kalau mau cari di Denpasar kota, coba di Jl. Diponegoro.

No comments: