Friday, December 5, 2008

MENEGA CAFE Jimbaran (Seafood Grill)

MENEGA CAFE adalah satu dari sekian banyak cafe-cafe seafood grill di Pantai Jimbaran. Saya merekomendasikan tempat ini sebagai pilihan jika anda mau mencoba makan seafood bakar di pinggir pantai. Sama seperti cafe lainnya, menu yg disajikan adalah bakar-bakaran berupa ikan, udang, kerang, kepiting, cumi dan lobster. Tapi urusan rasa, Menega beda banget. Masakannya uenak banget, bumbunya meresap. Tidak salah jika Menega selalu dipenuhi oleh orang-orang, baik itu wisatawan asing, lokal maupun warga Bali. Apalagi kalau malam minggu. Saking ramenya, teroris-pun menjadikan Menega sebagai sasaran bom Bali II Oktober 2005, dengan harapan korban lebih banyak didapat. Teroris gila, masak membunuh orang yg sedang makan, pakai bom lagi.

Di Jimbaran sendiri ada 3 lokasi cafe seafood, yaitu di Kedonganan, Pantai Jimbaran dan Pantai Muaya. Menega sendiri berlokasi di Pantai Muaya, disebelah Hotel Intercontinental dan Hotel Four Season. Harga antara Kedonganan dengan Pantai Jimbaran dan Muaya beda. Kedonganan pakai harga bule, sedangkan Jimbaran dan Muaya harga lokal. Bedanya lumayan jauh. Misalnya saja untuk ikan bakar, harga per-kilo di Muaya/Jimbaran rata-rata IDR 50.000.-. Di Kedonganan bisa mencapai IDR 80.000-100.000/kg. Begitu juga jenis makanan yg lain. Kalau anda ke Jimbaran pakai taxi, pasti tidak akan diantar ke Pantai Muaya, melainkan ke Kedonganan, karena disini ada sistem komisi kepada pengantar. Ga masalah sih sebenarnya, namanya juga pemasaran, sah-sah aja memberikan insentif dong. Masakan di Kedonganan kurang mantap, bumbu kurang meresap dan ikan serta jenis seaffod lain yg dipakai kurang fresh. Makanya, kalau mau makan seafood di Menega dan anda pakai taxi, patokannya adalah ke arah Four Season Hotel. Kalau taxinya bilang tidak tahu, ngotot saja dan kasih tahu arahnya. Itu hanya alasan sopir2 taxi-nya saja bilang ga tau, soal-e mereka kagak dapet komisi hehehe….

Biasanya Menega ini penuh, kita agak sulit dapat tempat. Lebih baik reserve tempat saja dulu ke 0361-708674. Atau di 0361-705888, bisa juga di 0361-7814991 (dengan pak Wayan Paing). Kalau mau lebih cepat, anda juga bisa reserve makanannya langsung. Tinggal bilang anda mau makan apa saja untuk sekian orang. Mereka sudah tahu kemampuan makan rata-rata dari setiap orang, jadi porsinya disesuaikan. Jangan lupa nyebutin jam berapa anda mau datang. Nah dengan begitu, ketika anda datang, tunggu 10 menit hidangan sudah siap. So ga usah nunggu lama kan.

2 comments:

nyits said...

cant wait balik lagi ke bali april 2009 nanti, penasaran sama menega di jimbaran ini, soalnya agustus kemarin makan di jimbaran juga tapi ga tau nama restaurant nya tapi tetep berkesan karena makan sama temen2 ditemani sama musik dan deburan ombak hmphhhh.... :P :P

Toni said...

pengalaman buruk makan seafood di Jimbaran (lupa nama resto-nya), ikannya terasa tidak segar (terasa gatal di lidah), kemudian ada teman yang diare seharian setelah itu. kali berikut musti nyari yang Menega itu ya?