Friday, November 28, 2008

Cafe Tahu

Cafe Tahu, menyediakan aneka masakan dengan bahan dasarnya tentu saja sesuai dengan namanya yaitu tahu. Terletak di kanan jalan sekitar 60 kilometer dari Gilimanuk atau tepatnya apabila dari arah Gilimanuk adalah setelah kabupaten Negara, dan apabila dari arah Denpasar terletak di kiri jalan setelah patung sapi yang merupakan tugu selamat datang kecamatan Pekutatan.

Dengan kebanyakan menyajikan hidangan berbahan dasar tahu, Cafe Tahu juga menyediakan sate dan bistik ayam serta kelinci, juga ikan gurami. Harga yang ditawarkan untuk seluruh masakan juga sangat relatif murah, paling tinggi adalah sepuluh ribu rupiah kecuali untuk sajian masakan dengan bahan dasar ikan gurami antara tujuh belas ribu lima ratus rupiah sampai dengan dua puluh dua ribu lima ratus rupiah. Dengan tempat makan yang sangat nyaman untuk beristirahat bagi yang sedang melakukan perjalanan baik dari Gilimanuk-Denpasar atau arah sebaliknya, karena menyediakan tempat makan lesehan serta meja kursi untuk yang tidak terbiasa lesehan.

Bangunan tempat makan sangat nyaman karena merupakan sebuah ruangan terbuka, dimana pengunjung bisa melihat arus lalu lintas Gilimanuk-Denpasar ataupun arah sebaliknya. Apabila diJawa bangunan tempat makan tersebut menyerupai rumah joglo, kalau di Bali saya tidak tahu disebut dengan apa bangunan tersebut. Dan yang lebih menarik adalah jika melihat ke arah selatan, mata akan langsung disejukkan oleh suasana pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar dan sangat cocok juga untuk mengajak anak-anak bermain pasir serta air laut setelah makan hidangan berbahan dasar tahu. Lahan parkir yang disediakan juga sangat luas, dengan banyak pohon kelapa menghiasi tempat parkirnya.

Rasa yang disajikan pada masakan dengan bahan dasar berupa tahu hasil olahan dari Cafe Tahu ini juga tidak terlalu buruk, walaupun dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Apabila telah tertanam bahwa harga makanan di tempat wisata khususnya Bali adalah mahal, maka dengan adanya Cafe Tahu ini saya berani menggagalkan anggapan yang telah ada tersebut. Makan di Bali tidak selalu mahal, dan juga tidak selalu tidak enak.

Bagi yang sudah merasa capek setelah melakukan perjalanan, Cafe Tahu ini saya referensikan sebagai tempat istirahat yang paling sesuai.


No comments: